Management of Educational Facilities and Infrastructure for Hygiene and Health Care in the Covid-19 Pandemic Era

Authors

  •   Aminatul Fikriyah  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia
  •   Ahmad Royani  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v4i1.118
 

Keywords:

management of educational facilities and infrastructure, hygiene and health care, covid-19 pandemic

Abstract

Facilities and infrastructure are one of educational means for the implementation of the learning process to achieve educational goals effectively and efficiently. During a pandemic, it is necessary to provide infrastructure for hygiene and health care. This article aims to describe the planning, implementation, and evaluation of educational facilities and infrastructure for hygiene and health care during the Covid-19 pandemic era at SMP Negeri 01 Kencong. This study uses qualitative research methods with the type of narrative research. The results of this study include: 1) the Planning stage for the management of educational facilities and infrastructure for hygiene and health care in the Covid-19 pandemic era was done through needs analysis, projected needs, and socialization of the spread of Covid-19 conducted by MUSPIKA (Subdistrict Leadership Consultation) Kencong; 2) the Implementation of management of educational facilities and infrastructure for hygiene and health care in the era of the Covid-19 pandemic involved some process like procurement, distribution, inventory, maintenance, storage, and elimination of educational facilities and infrastructure for hygiene and health care; 3) the Evaluation of the management of educational facilities and infrastructure for hygiene and health care in the era of the Covid-19 pandemic was done through verbal evaluation and written evaluation.

Sarana dan prasaran merupakan salah satu penunjang terselenggaranya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pedidikan secara efektif dan efisien. Pada masa pandemi, perlu pengadaan sarana prasana di bidang kebersihan dan kesehatan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di bidang kebersihan dan kesehatan pada era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 01 Kencong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Adapun hasil dari penelitian ini, di antaranya: 1) Perencanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di bidang kebersihan dan kesehatan pada era pandemi Covid-19 meliputi analisis kebutuhan, proyeksi kebutuhan serta sosialiasasi penyebaran Covid-19 yang dilakukan oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan Kencong; 2) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di bidang kebersihan dan kesehatan pada era pandemi Covid-19 meliputi pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di bidang kebersihan dan kesehatan; 3) Evaluasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di bidang kebersihan dan kesehatan pada era pandemi Covid-19 meliputi evaluasi secara lisan dan tertulis.

References

Ananda, Rusydi dan Oda Kinata Banurea. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita, 2017.

Anggaraini, Elya Siska dan Lukeysia F. Batubara. “Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Usia Dini. Volume 7 Nomor 1 (Juni, 2021): 23. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

Arikunto, Suharsimi. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Aryanti, Widya Safitri dan Anis Fuadah Z. “Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid SD/MI di Indonesia”. Jurnal Edukatif, Vol 6 No 1 (Januari-Juni, 2020): 77. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.110

Fahrurrazi, Muhammad. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Madrasah Aliyah di Kota Banjarmasin (Studi Pada MAN 2 Model Banjarmasin)”, (Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 2021).

Fathurrahman dan Rizky Oktaviani Putri Dewi. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SDN Puter 1 Kembangbahu Lamongan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 8 Nomor 1 (2019): 179. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141

Indrawan, Irjus. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish. 2015.

Ismawati, Dwi dan Iis Prasetyo. “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1 (2021): DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.671

Kemendikbud. Peraturan Pemerintah No 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Machfutra, Eka Denis, Annita Noor, Asropi, Riantina Luxiarti, dan Nur Fatihah Mutmainah. “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri Putri Pesantren X Yogyakarta”. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Volume 21 Nomor 4 (Oktober, 2018): 236-246. DOI: https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.930

Matin dan Nurhattati Fuad. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT Rajagravindo Persada, 2019.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud. 2020.

Miles, Huberman dan Saldana. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications. 2014.

Murni. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan”. Jurnal Mimbar Akademika. Volume 2 Nomor 2 (2017): 3. https://mimbarakademika.com/index.php/jma/article/view/36

Prasetyawan. “Manajemen Sarana dan Prsarana Pendidikan”, Al- Hikmah: Jurnal Studi Keislaman. Volume 6 Nomor 1 (Maret, 2016). 35. https://doi.org/10.36835/hjsk.v6i1.2797

Sinta, Ike Malaya. “Manajemen Sarana dan Prasarana”. Jurnal ISEMA: Islamic Education Manajement. Volume 4 Nomor 1 (Juni, 2019): 79. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Sonia, Nur Rahmi. “Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta”. Journal of Islamic Educational Management. Volume Volume 3 Nomor 2 (2021): 239. DOI: https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.95

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2020.

Waliyah, Siti, Siti Hadiyanti Dini dan Ahmad Syarif. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1”. Jurnal Transformasi Manageria. Volume 1 Nomor 1 (Juni 2021): DOI: 95. https://doi.org/10.47467/manageria.v1i1.272

Wardani, Sylvia Dyah Kusuma dan Syunu Trihantoyo. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Volume 9 Nomor 3 (Juni, 2021): 517. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39957

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Fikriyah, A., & Royani, A. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure for Hygiene and Health Care in the Covid-19 Pandemic Era. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.35719/jieman.v4i1.118

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.