Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Jember

Authors

  •   Nur Rohim  Pascasarjana IAIN Jember,  Indonesia
  •   Khotibul Umam  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.21
 

Keywords:

placement, work motivation, job satisfaction teachers' performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Jember. Jumlah populasi 97 Madrasah dengan rincian tiga Madrasah Aliyah Negeri dan 94 Madrasah Aliyah Swasta. Jumlah sampel sebanyak enam madrasah dengan 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenisnya regresi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumen-dokumen. Analisis data menggunakan Path Analyisis. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 16 for Windows. Penelitian sampai pada simpulan: Koefisien jalur pertama, penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru serta kepuasan kerja guru juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Jadi pengaruh langsung  penempatan terhadap kinerja guru lebih efektif dari pada melalui kepuasan kerja. Koefisien jalur kedua, motivasi kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru. Akan tetapi motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Jadi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dapat melalui kepuasan kerja guru.

Kata Kunci: penempatan, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja guru

This study aims to determine the effect of placement and work motivation on job satisfaction and teachers' performance in Madrasah Aliyah throughout Jember Regency. The total population is 97 madrasas consisting of three States and 94 private Madrasah Aliyahs. There are 100 research respondents incorporating six madrasahs in total. The sampling technique used was purposive sampling. This study used a regression type of quantitative approach. Data were collected through observation, questionnaires, and documentation, and then analyzed by using Path Analysis. The data were processed using SPSS 16 for Windows. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that; the first Path Coefficient, the placement, has a positive and significant effect on teachers' job satisfaction and the job satisfaction itself also has a positive and significant effect on teachers' performance. Hence, the direct effect of placement on teacher performance is more effective than job satisfaction. The second path coefficient, work motivation, has an indirect effect on teachers' performance. However, motivation has a positive and significant effect on job satisfaction. Therefore, the influence of work motivation on teachers' performance can be measured through teachers' job satisfaction.

References

Afandi, Pandi. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep Dan Indikator. Pekan Baru: Zanafa Publishing, 2018.

Afia, Atep, and Achmad Kasful Anwar. "Pengaruh Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Guru dan Karyawan pada Unit SMP Yayasan Pendidikan Dharma Putra." Sinergi 17 (3) 2013: 290-299.

Deswarati, Christina Wynda. “Pengaruh Penempatan terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Administrasi Bisnis 4 (2) 2013, 1-11.

Fathurrohman, Pupuh & Aa Suryana. Guru Profesional. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.

Gibson, James L. et.al. Manajemen. Alih Bahasa: Zuhad Ichyaudin. Jakarta: Erlangga, 1997.

Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2013.

Hasibuan, S.P. Melayu. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Markonah, Siti dan Sunarto. “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasional (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati.” Tesis, tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Stikubank Semarang, 2014.

Mathis, Robert L. Human Resource Management. USA: Thomson South Western, 2008.

Nafis, Ahmadi H. Syukran. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: LaksBang PRESSIndo, 2012.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (Teori dan Praktek). Jakarta: Murai Kencana.

Saebani, Beni Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Sari, Oxy Rindiatika dan Heru Susilo. “Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening).” Jurnal Administrasi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 64 (1), November 2018, 28-35.

Schunk, Dale H., Paul R. Pintrich, and Judith L. Meece. 2008. Motivation in Education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sekretariat Negara RI. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah. Jakarta: CV. Sinar Grafika, 2014.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogjakarta: Ar-uzz Media, 2013.

Suwatno & Donni Juni Priansa. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2014.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Yulizar, Benni. “Hubungan Penempatan dan Kepuasan Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.” Bahana Manajemen Pendidikan, 2 (1), Juni 2014, 92-99.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Rohim, N., & Umam, K. (2020). Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Jember . JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 105–116. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.21

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.