Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.43Keywords:
academic supervisions, madrassa supervisor, pedagogical competenceAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi pengawas madrasah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini secara spesifik membahas tentang pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas madrasah yang terdiri dari perencanaan kegiatan supervisi, pelaksanaan supervisi hingga sampai tindak lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Alat analisis data yang digunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Semenyara itu, keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini pertama, perencanaan kegiatan supervisi akademik meliputi penyiapan instrumen supervisi, membuat rancangan pendekatan supervisi dan teknik supervisi dan penentuan waktu pelaksanaannya. Kedua, pelaksanaan kegiatan supervisi akademik dilakukan dengan pendekatan kolaboratif dan teknik individual dan kelompok. Teknik individual yakni pertemuan secara individu dengan guru, sedangkan teknik kelompok dengan cara menghadirkan seluruh guru untuk diskusi sebagai proses kelompok dan tukar-menukar pengalaman. Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan sepervisi, yakni pengawas memberikan pembinaan kepada guru dengan cara memberikan pelatihan.
Kata Kunci: supervisi akademik, pengawas madrasah, kompetensi pedagogik
Abstract
The study examined the execution of the madrassa supervisor's supervision in increased pedagogical teachers' competence. The study specifically discussed the implementation of academic supervisions carried out by madrassa supervisors of supervision activities, the administration of supervision down to follow-up. The approach used in this study is a qualitative approach. Data-collecting techniques use observation, interviews, and document study. The data analysis tool used by interactive models consists of data collection, data reduction, data presentation and deduction deduction. Incidentally, the validity of the data in this research uses source triulation. The results of this first study, the planning of the academic supervision activities included the preparation of supervision instruments, the design of supervision approaches and supervision techniques and the timing of the execution. Second, the performance of academic supervision is carried out with collaborative approaches and individual and group techniques. An individual technique of meeting individually with teachers, while a group technique presents all teachers to discussion as a group process and an experience swap. As a follow-up to the exercise of a sense, the supervisor gives coaching to the teachers by training them.
References
Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pe ngawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2013.
Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif, Alih Bahasa Helly Prajitno & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Hakim, Lukmanul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2009.
Hamid, Abdul, dan Mohamad Ahyar Ma’arif. "Kepala Madrasah, Supervisi Akademik dan Kinerja Guru (Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sirajul Ulum Jatiurip Krejengan Probolinggo)." JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 1.1 (2019): 77-89.
Mataheru, Frans. Prinsip-prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Miles, Matthew B. and Alan M. Huberman. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, 2nd Edition. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI-Press, 1981.
Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Permendiknas Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2002.
Purwandari, Dyah Novita “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelaran di Sekolah Dasar.” Jurnal pendidikan (2018).
Rodliyah, Siti. Supervisi Pendidikan & Pembelajaran. Jember: STAIN Press, 2014.
Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2002.
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.
Santoso, Heri dan Nusyirwan. Pengantar Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2019.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan. Jakarta: Raja Grafindo, 2011.
Wahyudi, Imam. Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2021.
Husain, Syahri Nehru. “Peranan Pengawas Pendidikan dalam Meningkatkan Kulaitas Pembelajaran Guru di kota Kendari. SELAMI IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ahmad Aziz Fanani, Imam Wahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.