Curriculum Development Of Leading Programs In Realizing The Potential And Character Of Students At Madrasah Aliyah

Authors

  •   M. Hanif Satria Budi  Institut Agama Islam Faqih Asy'ari Kediri,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.116
 

Keywords:

curriculum development, excellent programs, character

Abstract

In improving the quality of education, the curriculum of superior programs in madrasahs also contributes to producing quality graduates on a national scale. This is also a form of concern for educational institutions in dealing with weak human resources and morale of students in educational institutions. For this reason, the entire potential of education must be directed to achieve a progressive level of quality educational development, both quantitatively and qualitatively. This research method is qualitative using descriptive methods. The result of this research is the existence of a superior program curriculum, including 1) acceleration of tahfidz; learners can memorize the Qur'an in a school and cottage environment quickly and precisely, 2) acceleration of English; learners can fully complete the English material from basic to proficient so that in communication and language strictures dare to compete, 3) acceleration of the yellow book; students as students can easily learn and understand the classic books of salaf scholars, so that school graduates can fill out the taklim majlis or continue to a higher level at the Islamic boarding school.

 

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kurikulum program unggulan yang ada di madrasah turut andil untuk mencetak lulusan yang berkualitas dalam skala nasional. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian lembaga pendidikan dalam menangani lemahnya sumber daya manusia dan moral peserta didik yang ada di lembaga pendidikan. Untuk itu, seluruh potensi pendidikan harus diarahkan untuk mencapai tingkat perkembangan pendidikan yang berkualitas secara progresif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kurikulum program unggulan antara lain 1) akselerasi tahfidz; peserta didik dapat menghafalkan Al-Qur’an dalam lingkungan sekolah dan pondok dengan cepat dan tepat, 2) akselerasi bahasa inggris; peserta didik dapat dengan lengkap materi bahasa inggris dari dasar hingga mahir sehingga dalam komunikasi dan ketata bahasaan berani bersaing, 3) akselerasi kitab kuning; peserta didik sebagai santri dapat dengan mudah mempelajari dan memahami kitab-kitab klasik ulama salaf,, sehingga lulusan sekolah sudah bisa mengisi majlis taklim atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi di pondok pesantren.

References

Aji, Gesang Setyo “Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Di Sd Muhammadiyah Kleco Kotagede,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (2019): 63–74, https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-04.

Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum . Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Djam’an, Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta, 2009

Khoiroh, Hani’atul, “Pengembangan Program Unggulan Di Lembaga Pendidikan Islam,” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 4, no. 1 (2020): 155–68.

https://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/240

Laili, Irfana Nurul, Nunuk Hariyati, and Erny Roesminingsih, “Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Program Unggulan Non Akademik,” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 8, no. 2 (2022): 1452–63, https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3223/http.

Mahmud. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014

Majid, Abdul, Dian Andrayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005

Notoatmodjo. S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2012

R, Masykur. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja, 2019

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008

Redaksi Sinar Grafika. Amandemen Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika, 2013

Sudarsono, “upaya manajerial pengembangan kurikulum program unggulan di madrasah aliyah sudarsono ( KEMENAG Kabupaten Trenggalek ) Workshop . Evaluasi Kurikulum Program Unggulan Dilaksanakan Dalam Bentuk Evaluasi Formatif Dan Evaluasi Sumatif Untuk Mengukur Keberhasi,” Jurnal Penddikan Islam 4 (2016): 92–115.

http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/79

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Suparlan. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Tirtonegoro, Sutratinah. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara, 2000

Wawancara dengan Kepala Madrasah Pada Jum’at 11/02/2022 pukul 09.00 di lab Komputer

Zarkasyi, Ahmad, “Konsep Pengembangan Program Unggulan Di Lembaga Pendidikan Islam | Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam,” Al Makrifat: Jurnal Kajian Islam, Vol. 1 No. 1, April (2016): 35-51, http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3034.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

M. Hanif Satria Budi. (2023). Curriculum Development Of Leading Programs In Realizing The Potential And Character Of Students At Madrasah Aliyah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(1), 94–116. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.116

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.