Management Of Curriculum The Arabic Language Program For Medical And Health Students

Authors

  • Eva Fauziyyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia
  • Nuril Mufidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia
  • Abdul Malik Karim Amrullah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v6i1.199

Keywords:

Management, curriculum development, Language Program

Abstract

Management of curriculum is an important thing to pay attention to because it contributes to realizing institutional goals in educational institutions, such as the Arabic language program for medical and health students at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim, Malang. This research aims to find out how the Arabic language program curriculum management is implemented at Mabna Ar-Razzi, Batu, and the problems of its implementation in the 2023 academic year. The subject of this research is the language division at Mabna Ar-Razzi. The research method used in this research is descriptive qualitative with a case study type of research. Meanwhile, the data collection technique uses observation of Arabic language program activities, interviews with the language division and documentation containing a schedule of Arabic language program activities. The results of this research show that the implementation of the Arabic language program curriculum management at Mabna Ar-Razzi, Batu is going well with various kinds of skills-supporting activities and Arabic language elements. The problem in implementing this program is the lack of supervision and lack of active participation from students.

Manajemen kurikulum merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena memiliki kontribusi dalam merealisasikan sebuah tujuan institusional pada lembaga pendidikan seperti halnya pada lembaga program bahasa Arab untuk mahasiswa kedokteran dan kesehatan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum program bahasa Arab di mabna Ar-Razzi, Batu dan problematika pelaksanannya pada tahun ajaran 2023. Subjek penelitian ini ialah devisi bahasa yang ada di mabna Ar-Razzi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi terhadap kegiatan program bahasa Arab, wawancara kepada devisi bahasa dan dokumentasi berisi jadwal kegiatan program bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kurikulum program bahasa Arab di mabna Ar-Razzi, Batu berjalan dengan baik dengan berbagai macam kegiatan penunjang ketrampilan dan unsur bahasa Arab. Sedangkan problematika yang ada dalam pelaksanaan program ini adalah kurangnya pengawasan dan partisipasi aktif dari siswa.

References

Adistiana, Olianda, and Tasman Hamami. “Pengembangan Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2024). DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6102

Alizar, Mahfud, Tri Mulyanto, and Nuril Mufidah. “Manajemen Pengelolaan Lingkungan Berbahasa Arab Di Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin Sumatera Selatan.” Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 6, no. 1 (2023). DOI: https://doi.org/10.54396/saliha.v6i1.470

Amin, Nur Fadilah. “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 1, no. 1 (2023). https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba/article/view/320

Arif, Muhammad. “Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Lisan?: Jurnal Bahasa & Pengajarannya 4, no. 1 (2019). http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian?: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/210215/prosedur-penelitian-suatu-pendekatan-pratek

Arikunto, Suharsimi, and Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2008. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/563314-manajemen-pendidikan-implementasi-fungsi-2edd6fd4.pdf

Aristantia, Dita Wahyuni, Muhammad Baharuddin, Nur Mazidah, and Zaenab Tri Lestari. “Learning Model of Arabic in Indonesia?: A Study of The Curriculum System at Bahrul Ulum Tambakberas Islamic Boarding School , Jombang and an-Nuqayah , Madura.” EDUMASPUL?: Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2024). DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7638

Asrori, Imam, and dkk. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Ed Ahamd Fuad Effendy. Malang: Misykat, 2012. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba.

Astuti Dwiningrum, Irene. Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131808673/penelitian/desentralisasipartisipasi-masyarakat-dalam-pendidikan.pdf

Aulia, Rambu, Nasrun, Iskandi, and M Thaib Rizki. “Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Peran Media Dalam Pembelajaran Mufrodat.” Al- Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab I, no. 2 (2021). https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/AL-MUARRIB

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah?: Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

B. Miles, Matthew, and A. Micheal Huberman. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edition 2. USA: Sage Publication, 1994. https://books.google.co.id/books/about/Qualitative_Data_Analysis.html?id=p0wXBAAAQBAJ&redir_esc=y

Bako, Fitriah Mawaddah, Faiqotul Masruroh, Friske Tull, and Desiy Arifah. “Pengawasan Dan Evaluasi Program Bahasa Arab Di Pondok Pesantren.” Imla 3, no. 1 (2018). DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.72

Bariyah, Khoirul, and Nurlaila. “Manajemen Pelaksanaan Program Kursus Bahasa Arab Intensif Di Pondok Pesantren Darul Lughah Wa Al-Dirasat Al-Islamiyah.” Matluba 1, no. 01 (2023). , NTB. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba.

br Ginting, Mita Atiiqah, Nita Qosimah br Ginting, and Rizky Aleyda Riotonga. “Uniknya Bahasa Arab.” Ekhsis: JurnalEkonomi, Syariah Dan Studi Islam 1, no. 2 (2023).

Chaer, Abdul. Psikolingustik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta, 2009. https://aktabe.ac.id/wp-content/uploads/2022/01/BUKU-Kajian-Psikolinguistik-2021.pdf

Chusna, Aliba’ul. “Penerapan Hukuman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” In Proseding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 2016.

Farobi, Ahmad Dzulfikar Al, R. Taufiqurrochman, Sutaman, Faroidusy Syauqi Ahmad Z, Firman Nurul Fauzi, and Moh. Zayyadi. “Strategi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi Covid-19 Di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Malang.” Shaut Al Arabiyyah 10, no. 2 (2022). DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v10i2.34070

Fika, Nurul, Eneng Siti Suherni, and Yuyun R Uyuni. “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah.” Jurnal on Education 06, no. 01 (2023). DOI https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4129

Kaharuddin. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2018). DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.734

Makinuddin, Muhammad. “Konsep Dan Karakteristik Manajemen Kurikulum Bahasa Arab.” MIYAH: Jurnal Studi Islam 11, no. 2 (2017). DOI: https://doi.org/10.33754/miyah.v11i2

Mufidah, Nuril, and Novab Dymas Pratama. “Masrohiyyyah Sebagai Solusi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Ihya Al-Arabiyyah?: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 4, no. 2 (2018).

Munthe, Ashiong P. “Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan?: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat.” Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, no. 2 (2015). DOI:10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Nasbi, Ibrahim. “Manajemen Kurikulum?: Sebuah Kajian Teoritis.” Idaarah?: Jurnal Manajemen Pendidikan I, no. 2 (2017). DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Purba, Andiopenta. “Peran Lingkungan Bahasa Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua.” Pena?: Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra 3 (2013).

Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiyah Islamica?: Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020). https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/TarbiyaIslamica/article/view/89

Rusman. Manajemen Kurikulum, Seri II. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=711445

Saragih, Desi Karolina. “Dampak Perkembangan Bahasa Asing Terhadap Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3312

Soleh, Mohammad, Muhammad Farid, and Mualim Wijaya. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Language Intensif Program (LIP) SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 19, no. 02 (2021).

Subur. “Learning Arabic Vocabulary for Madrasah Aliyah Students in Banyumas Regency.” INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 1 (2021). DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4666.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Eva Fauziyyah, Nuril Mufidah, & Abdul Malik Karim Amrullah. (2024). Management Of Curriculum The Arabic Language Program For Medical And Health Students. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 6(1), 1-20. https://doi.org/10.35719/jieman.v6i1.199