School Principal’s Strategy Management In Improving The Quality Of Education In Kota Waringin Timur

Authors

  •   M. Lamri  Institut Pesantren KH. Abdul Chalim,  Indonesia
  •   Ahmad Mulhakim  Institut Pesantren KH. Abdul Chalim,  Indonesia
  •   Nanang Badrud Tamam  Institut Pesantren KH. Abdul Chalim,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.179
 

Keywords:

strategic management, principal's leadership, improving quality

Abstract

The leadership of the school principal in an effort to improve the quality of education is closely related to the strategy he carries out, so that the principal's strategy is a determinant of whether or not the quality of a school institution is good. The purpose of this study was to determine strategic planning, strategy implementation, and evaluation of school principal strategies in improving the quality of education at MTs Negeri 1 Kotawaringin Timur. The research method is qualitative with a case study approach, collecting data by observation, documentation, and interviews. The results of the research are: (1) Planning for school principals is guided by regulations and refers to the Vision and Mission and goals of the school, conducting an analysis before formulating the program. The strategy set is: a). Teacher Competency Improvement, b). Development and Maintenance of Facilities and Infrastructure, c). Budget Management Efficiency and Effectiveness, d). Discipline and Development of outstanding students, e). Activity Publication. (2) Implementation of the program that has been selected, namely through the process of analysis, communication and coordination with all fields. In implementation, the principal supervises directly the implementation of the program, with the aim of being able to directly address the obstacles found. (3) Evaluation and supervision is carried out directly by supervising the areas of each program. Through a quality assurance agency, the school principal can carry out an evaluation based on the report data for each program implementation.

Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan erat kaitannya dengan strategi yang dilakukannya, sehingga strategi kepala sekolah merupakan penentu dari baik atau tidaknya mutu dalam suatu lembaga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi, implementasi stretegi, dan evaluasi strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kotawaringin Timur. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan kepala sekolah berpedoman pada regulasi dan mengacu pada Visi dan Misi serta tujuan sekolah, melakukan analisis sebelum perumusan program. Strategi yang ditetapkan yaitu: a). Peningkatan Kompetensi guru, b). Pengembangan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana, c). Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan anggaran, d). Pendisiplinan dan Pembinaan Siswa berprestasi, e). Publikasi Kegiatan. (2) Implementasi program yang telah dipilih yaitu melalui proses analisis, komunikasi dan berkoordinasi dengan semua bidang. Dalam pelaksanaan, kepala sekolah mengawasi secara langsung terhadap pelaksanaan program, dengan tujuan agar dapat mengatasi secara langsung terhadap kendala yang ditemukan. (3) Evaluasi dan pengawasan dilakukan secara langsung dengan cara melakukan supervisi perbidang setiap program. Melalui lembaga penjamin mutu kepala sekolah dapat melakukan evaluasi yang berpedoman pada data laporan setiap pelaksanaan program.

References

Afifudin, and Beni Ahmad Saebani. Afifudin, Dan Beni Ahmad Saebani. Bandung: CV Pustaka Setia, 2019.

Akbar, Muhammad Zulfahmi. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Bima.” EL-HIKAM-Journal of Education and Religious Studies Vol 14 No (2021): 23. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/index.

Andang. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Apriliya, Risa and Cahyati Supriyanto , “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di SMA Negeri 1 Menganti Gresik”, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 10, 02, 2022, 320-32. https://core.ac.uk/download/pdf/539837611.pdf.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Praktis Membangun Dan Mengelola Administrasi Sekolah. Jogjakarta: Divapress, 2011.

Bilah, Izzani. N and Ainur Rifqi. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Dasar Dan Menengah.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 10, 3, 2022, 551-565. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/48626.

Chotimah, Chusnul. “Peran Pendidik Dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Dinamika Penelitian Vol 16 No (2016): 7. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.1-26.

Fitriani. “Proses Perencanaan Total Quality Management Dalam Pendidikan Islam.” Didaktika Jurnal Kependidikan Vol. 11 No (2017): 20. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/download/164/93.

Hayudiyani, Meila, Bagus Rachmad Saputra, Maulana Amirul Adha, and Nova Syafira Ariyanti. “Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol 8, No. 1, 2020, 89-95. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp.

Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan: Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Multilevel Planing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Januar, Ardhana. M, Sela Ayu Rustiya, and Wily Adiyaksa , “Strategi Kepala Sekolah SDN 1 Wagir Lor Kabupaten Ponorogo Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan”, Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 9 No 2 (2021) Pages 108-113. https://ojs.unm.ac.id/nalar.

John W Creswell. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Maisah, Mahdayeni, Maryam, and Muhammad Roihan Alhaddad. “Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi”. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sistem Informasi.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Informasi Volume 1, (2020). https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i4.116.

Mukhtar. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Volume 3, (2015): 105. https://media.neliti.com/media/publications/93917-ID-strategi-kepala-sekolah-dalam-meningkatk.pdf.

Mulhakim, Ahmad, and Sigit Priyo Sembodo. “Exploring Marketing Strategy for Islamic Boarding Schools in the Minority-Muslim Area of Jembrana Bali.” JIEMAN: Journal Of Islamic Educational Management 4, No. 2 (2022): 4. https://doi.org/10.35719/jieman.v4i2.

Nurhaya. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 4 Sungai Nilam Jawai.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khtulistiwa Vol 6, No (2017): 5. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22713.

Nurlindah, Muh. Khalifah Mustami, and Musdalifah. “Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Idaarah Vol. IV, N (2020): 16. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/13893/pdf.

Pohan, Zakirun. “Peran Humas (Public Relathions) Pada Bidang Pendidikan.” Jurnal Sintesa. Vol. 18. No. 1, 2018, 25-35 https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/SINTESA/article/download/26/16.

Prihatsanti, Unika, Suryanto Suryanto, and Wiwin Hendriani. “Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Buletin Psikologi.” BuletinPsikolog Vol. 26, N (2018). https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/38895/pdf.

Ricard. L, Daft. New Era Of Management. Jakarta: Selemba Empat, 2010.

Sodiqin, Hasan, and Diding Nurdin. “Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Dan Kinerja Mengajar Guru Dalam Mutu Pendidikan.” Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 13, No (2016): 11.https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/5636

Susiani, Ida Rohmah, and Nur Diny Abadiah. “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Modeling Volume 8, (2021): 16. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/1098/689.

Whelen, J David Hunger and Thomas L. Manajemen Strategis (Terj, Agus Julianto). Jogjakarta: ANDI, 2003.

Wibowo, Adi and Ahmad Zawawi Subhan. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management. Vol. 3, No. 2, 2020, 108-116. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/viewFile/10527/5639.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Lamri, M., Mulhakim , A., & Tamam, N. B. . (2023). School Principal’s Strategy Management In Improving The Quality Of Education In Kota Waringin Timur. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(1), 18–39. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.179

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.