Exploring Marketing Strategy for Islamic Boarding Schools in the Minority-Muslim Area of Jembrana Bali

Authors

  •   Ahmad Mulhakim  Institut Pesantran KH. Abdul Chalim Mojokerto,  Indonesia
  •   Sigit Priyo Sembodo  Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v4i2.148
 

Keywords:

marketing strategy , pesantren, Minority-Muslim

Abstract

The focus of this research (1) is to find out the marketing strategy management and (2) to find the supporting and inhibiting factors of the marketing of Firdaus Islamic Boarding Schools in the Muslim-minority area of ??Jembrana Bali. The qualitative research method used a case study approach—data collection by observation, documentation, and interviews. Data analysis consists of data collection, reduction, display, and conclusion drawing. The research results conclude that: (1) The Marketing Strategy of Islamic Boarding Schools is carried out with three aspects: marketing planning, implementation, and evaluation. Planning is carried out before the distribution activities by involving all internal institutions. Marketing implementation is based on seven aspects: product, price, place, promotion, human resources, infrastructure, and service process. Marketing evaluation is carried out monthly, quarterly, and annually. (2) Supporting factors, namely the location of the cottage, which is in a Muslim minority area, making the institution quickly recognized by the public, the location on the outskirts of the city, and the area of ??the cottage, adequate facilities. There is much support from the Balinese Muslim community and the close ties of tolerance with the non-Muslim Balinese community, the flagship program created. The inhibiting factors are significant competition for Islamic boarding schools (pesantren) in Java and Bali. There is still a public perception that the price to enter the pesantren is expensive, and there are no experts in the field of marketing to manage marketing specifically.

Fokus penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di wilayah minoritas Muslim Jembrana Bali. Metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus—pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi Pemasaran Pondok Pesantren dilakukan dengan tiga aspek yaitu perencanaan pemasaran, implementasi, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan sebelum kegiatan penyaluran dengan melibatkan seluruh institusi internal. Implementasi pemasaran didasarkan pada tujuh aspek: produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, infrastruktur, dan proses layanan. Evaluasi pemasaran dilakukan secara bulanan, triwulanan, dan tahunan. (2) Faktor pendukung yaitu letak pondok yang berada di kawasan minoritas muslim sehingga lembaga cepat dikenal oleh masyarakat, letak di pinggiran kota, dan luas pondok, fasilitas yang memadai. Banyaknya dukungan dari masyarakat muslim Bali dan eratnya ikatan toleransi dengan masyarakat Bali non muslim, program unggulan yang dibuat. Faktor penghambatnya adalah persaingan yang signifikan untuk pesantren di Jawa dan Bali. Masih ada anggapan masyarakat bahwa harga masuk pesantren mahal, dan belum ada ahli di bidang pemasaran untuk mengelola pemasaran secara khusus.

References

Afifudin, and Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2019.

Akdon. Strategi Management For Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2006.

Alfiyandi, and La Ode Syarfan. “Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Produk Multilinked Syariah Pada Asuransi Panin Dai-Ichi Life Cabang Pekanbaru.” Jurnal Valuta Vol 2 No 1 (2016). https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1141.

Amin, Husnul. “Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Dan Strategi Bertahannya, Menuju Pesantren Idaman Masa Depan Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi.” Raudhah: Jurnal tarbiah islamiah Vol 4 no 1 (2019). https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/37.

Asnawi, Rohmat. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kuantitas Santri di Pondok Pesantren al-Qodir Tanggamus, Skripsi (Fakultas Dakwah dan Komunikasi: UIN Raden Intan Lampung, 2020)

Barnawi, and Mohammad Arifin. Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Dewi, Asmara, and Sovia Masayu. “Evaluasi Manajemen Pemasaran Di Sekolah Ar-Raudah Kota Bandar Lampung.” Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran Vol. 2 No. (2020). https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/view/12.

Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.” Jurnal Madaniyah Volume 7 N (2017). https://www.neliti.com/id/publications/195108/strategi-pemasaran-jasa-pendidikan-dalam-meningkatkan-nilai-jual-madrasah.

Fathurrochman, Irwan. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas.” Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 6, No (2021). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema.

Fauziah, Muna, Muhyidin, and Khakimatusodiqoh. “Strategi Marketing Mix 4p Dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan.” Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial Vol. 6 No. (2022). https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka.

Fradito, Aditia, Suti’ah, and Muliyadi. “Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 10 (2020). https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203.

Hasanah, Dian Uswatun. “Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta.” iMProvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan Vol 8 No. 0 (2021). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/21615.

Ilham, Saiqa Akbar. “Kualitas Layanan Jasa Pendidikan: Analisis Quality Function Deployment.” Jurnal Gama Societa Vol. 2 No. (2018). https://jurnal.ugm.ac.id/jgs/article/view/48866/25499.

Ismanto. Manajemen Pemasaran. Tanggerang: Unpam Press, 2020.

John W Creswell. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Kacung Wahyudi. “Manajemen Pemasaran Pendidikan.” Jurnal ilmiah Vol. 05, N (2017). https://doi.org/10.52185/kariman.v4i2.43.

Kyai Mahmudi, Lc. 2022. “Informan Pengasuh Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali”. 5 juni.

Maisah, Mahdayeni, Maryam, and Muhammad Roihan Alhaddad. “Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi”. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sistem Informasi.” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Informasi Volume 1, (2020). https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i4.116.

Moleong J. Lexy. Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Muhaimin. Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011.

Mundir, Abdillah. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah.” MALIA: Jurnal Ekonomi Islam Volume 7, (2016). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/malia/article/download/369/274/.

Musa, Masing, and Rahma Widyana. “Marketing Mix Method Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Di SMA Kristen Barana.” Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 02, No (2021). http://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/download/111/210/1294.

Nuranita, Salsa Widya. “Pengelolaan Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Berbasis Sosial Media di SMKN 1 Sragen.” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Volume, 04 (2022). http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/1925.

Prihatsanti, Unika, Suryanto Suryanto, and Wiwin Hendriani. “Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Buletin Psikologi.” BuletinPsikolog Vol. 26, N (2018). https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/38895/pdf.

Ro’fah, and Latifah. Strategi Bertahan Dan Aktivitas Pendidikan Islam Di Kawasan Minoritas UIN Sunan Kali Jaga In: Ulama Dan Negara-Bangsa: Membaca Masa Depan Islam Politik Di Indonesia. Pusat Pengkajian Islam, Demokrasi, Dan Perdamaian. Yogyakarta: PusPIDeP, 2019.

Suti’ah, Aditia Fradito, and Muliyadi. “Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 10 (2020). https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203.

Syaifuddin, Muhammad Fahmi, Hanik Yuni Alfiyah, Ilun Mualifah, and M. Fadli Havera. “Strategi Pemasaran Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Bali Bina Insani Di Daerah Minoritas-Muslim Tabanan Bali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 7 No. (2019). http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.107-124.

Ustadz Anuwar. 2022. “Informan Bidang Kesantrian Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali”. 5 Juni.

Ustadz Yahya. 2022. “Informan Bidang Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Firdaus Jembrana Bali”. 5 Juni.

Yulianita, Neny. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Bandung, 2005.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Mulhakim, A., & Sembodo, S. P. (2022). Exploring Marketing Strategy for Islamic Boarding Schools in the Minority-Muslim Area of Jembrana Bali. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 145–170. https://doi.org/10.35719/jieman.v4i2.148

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.