Establishing a Profound Educator Resource Management: Teacher’s Performance Development Standpoint

Authors

  •   Sofyan Tsauri  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v4i2.137
 

Keywords:

educator resource management, teacher’s performance development

Abstract

Education is one of the factors that affect the quality of a nation. Quality education is obtained from qualified educator resources. In other words, educator resources have a significant role in advancing the nation. This research focuses on how Educator Resource Planning, recruitment and selection, training and development, and performance appraisal improve teacher performance in SMP Islam An-Nur Rambipuji Jember. This study uses a descriptive qualitative approach to the type of case study research. Observation, interviews, and documentation did data collection. The Data were analyzed using an interactive model created by Miles, Huberman, and Saldana. The study produced four findings. First, the school analyzes the teaching load and the needs of teachers. Second, the school creates a recruitment and selection committee. The committee analyzes the position, the committee determines the recruitment source, job information is disseminated through several media, and the selection is carried out through administrative selection and interviews. Third, teachers participate in teacher forums, seminars and workshops, and training held by internal and external institutions. Fourth, principals and staff assess teacher attendance, teacher teaching and learning processes, quality assurance achievements, and additional work given to teachers.

Pendidikan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas diperoleh dari sumber daya pendidik yang berkualitas. Dengan kata lain, sumber daya pendidik memiliki peran yang signifikan dalam memajukan bangsa. Penelitian ini difokuskan untuk menemukan bagaimana perencanaan sumber daya pendidik, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian kinerja untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Islam An-Nur Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang dibuat oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Penelitian ini menghasilkan empat temuan. Pertama, sekolah menganalisis beban mengajar dan kebutuhan guru. Kedua, sekolah membuat panitia rekrutmen dan seleksi, panitia melakukan analisis jabatan, panitia menentukan sumber rekrutmen, informasi lowongan kerja disebarkan melalui beberapa media, dan seleksi dilakukan dengan seleksi administrasi dan wawancara. Ketiga, guru mengikuti forum guru, seminar dan lokakarya, dan pelatihan yang diadakan oleh lembaga internal dan eksternal. Keempat, kepala sekolah dan jajarannya menilai kehadiran guru, proses belajar mengajar guru, pencapaian penjaminan mutu, dan pekerjaan tambahan yang diberikan kepada guru.

References

Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Beardwell, Julie, and Tim Claydon, eds. Human resource management: A contemporary approach. Pearson Education, 2007.

Delliyannoor. “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Di MTSN 2 Kota Palangka Raya,” Tesis, IAIN Palangka Raya, 2020.

Dessler, Garry. Human Resource Management, 13th Edition, Florida: Pearson, 2013.

Dindin. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Guru, Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, Vol. 5 No. 1 Tahun 2020.

Hasibuan, Sondang P. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Hidayati, Sri, et al. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Mutu pelajaran Di SMA, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Huseno, Tun. Kinerja Pegawai: Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.

Khoiron. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Islam Terpadu Di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru,” Tesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

Majid, Abdul. Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.

Mondy, R. Wayne, and Joseph J. Martocchio. Human Resource Management, Fourteenth Edition (Global Edition), Edinburgh: Pearson, 2016.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press, 2005.

Pata, Rahmi. “Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD Unggulan Puri Taman Sari Kota Makassar,” Tesis, UIN Alauddin Makassar, 2017.

Priyono, Priyono, and U. B. Darma. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama, 2010.

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. Organizational Behavior. 16th Edition. New Jersey: Pearson, 2016.

Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Refika Aditama, 2019.

Sekretariat Negara RI, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Soepeno, B., Sumarno, Handayani, N. Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sejarah Di MAN Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Jurnal Pendidikan dan Humaniora, Vol. 53. No.1 September 2016.

Sonin. Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Manajemen Berbasis Madrasah Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Kerja Guru Di MTs Negeri Sekayu, Jurnal Istinbath/No.15/Th. XIV/Juni/2015/1-19.

Sopian, Ahmad. "Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan." Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1.1 (2016): 88-97.

Sunarso, Agus. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Guru di SMK Ma’arif Nu 1 Kembaran Banyumas. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 5(1), 2020, 105-154. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v5i1.204

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Taylor, Michael Armstrong Stephen. Amstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice, 13th Edition, Philadelphia: Kogan Page, 2014.

Tsauri, Sofyan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press, 2013.

Wijaya, Candra, Rahmat Hidayat, and Tien Rafida. Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI, 2019.

Winoto, Suhadi. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Bildung, 2020.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Tsauri, S. (2022). Establishing a Profound Educator Resource Management: Teacher’s Performance Development Standpoint . JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 225–244. https://doi.org/10.35719/jieman.v4i2.137

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.