Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  •   Dyla Fajhriani. N  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.27
 

Keywords:

study time management, covid-19 pandemic

Abstract

Waktu adalah bagian penting dan tidak terpisahkan dari kehidupan seseorang. Pencapaian kesuksesan ditentukan sejauh mana seseorang menentukan waktunya. Dalam dunia manajemen waktu, pendidikan juga merupakan bagian penting dari keberhasilan kegiatan pendidikan. Manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien begitu pula manajemen waktu belajar tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan mahasiswa. Selama pandemi COVID-19, semua mahasiswa di perguruan tinggi melakukan study from home dan melakukan kegiatan belajar menggunakan media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen waktu belajar selama pandemi COVID-19 pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.  Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualilatif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan didapatkan bahwa problematika manajemen waktu belajar di Perguruan Tinggi pada masa pandemi covid-19 bahwa manajemen waktu belajar selama masa pandemi COVID-19 perlu adaptasi dengan baik, hal ini dikarenakan pandangan bahwa kuliah satu satunya di kampus. Akhirnya banyak mahasiwa banyak yang bekerja ataupun membantu orangtua di rumah. Selain itu kendala jaringan dan faktor mencari sinyal internet juga menjadi problem mendasar dikalangan mahasisiwa.

Kata Kunci: manajemen waktu belajar, pandemi covid-19

Time is an important and inseparable part of someone’s life. Achievement of success is determined by the extent to which an individual determines the time. Within the domain of time management, education is also an important part of the success of educational activities. Time management is the ability to use time effectively and efficiently as well as learning time management in which it cannot be separated within student life. During the COVID-19 pandemic, all of the university students conducted the learning process from home and carried it out by using online media. The purpose of this study was to determine how study time management during the COVID-19 pandemic in Islamic Counseling Guidance students at the Imam Bonjol State Islamic University, Padang. The research method used is qualitative research. The results of the research suggested that the problem of study time management in universities during the Covid-19 pandemic was that learning time management during the COVID-19 pandemic needed to be well-adapted, this was due to the perception that the learning process itself were only took place at the campus. Therefore, many students work or help their parents at home. Apart from that, the internet’s network stability is also a fundamental problem among students.

References

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Gea, Antonius Atoskhi, “Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efesien.” Jurnal Binus, (45), 777–785.

Haryono E, Akhidinirwanto W, Ashari, “Pengaruh keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014.” Jurnal Radiasi, 4(1), 2014: 77-80.

Https://dalamislam.com/info-islami/waktu-yang-terbaik-untuk-belajar-dalam-islam diakses 3 Juli 2020 pukul 16.05 WIB.

Https://stoppneumonia.id/informasi-tentang-virus-corona-novel-coronavirus/ (diakses 3 Juli 2020 pukul 15.07 WIB).

Jamaludin, dkk, Pembelajaran Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Mujiono, dkk, Modul Pengembangan Diri melalui Layanan Bimbingan dan Konseling SMK, Yogyakarta: Paramitha Publishing, 2009.

Naim, Ngainun, Work from Home; Produktivitas Kerja Selama di Rumah (Kata Pengantar), Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2020.

Purwanto, Sigit, Pocket Mentor Manajemen Waktu, Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2008.

Purwanto, Agus dkk, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, Volume 2 Nomor 1 (2020) 1-12.

Rustanto, Bambang, Penelitian Kualitatif Pekerja Sosial, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2015.

Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Sutikno, Sobry, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect, 2008.

Suyono, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sandra, Kusnul Ika dan M. As’ad Djalali. “Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi”. Persona:, Jurnal Psikologi Indonesia Sept. Vol. 2, No. 3, 2013. 217 – 222.

Tiger, Therese Hoff, “Time Management: Test of Press Model”. Jurnal of Applied Psychology. 79 (30). (1999,) 381-391.

World Health Organization (WHO). (2020). “Novel Corona Virus Qualiti Assurance for Public Helalth” https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses 3 Juli 2020 pukul 19.00 WIB.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Fajhriani. N, D. . (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 169–180. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.27

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.