Prinsip Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah di MTS Al-Faaizun Watang Palakka
DOI:
https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.45Keywords:
school-based management, madrasah’s principal and performanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBM) dalam meningkatkan kinerja kepala madrasah di MTs Al Faaizun Watang Palakka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Data-data itu kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis model interaktif dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip MBM dalam meningkat-kan kinerja kepala madrasah, yaitu: 1) Prinsip ekuifinalitas berjalan dengan baik, yaitu dengan membuat suatu strategi sesuai kondisi madrasah baik jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang; 2) Prinsip desentralisasi juga berjalan dengan baik, yaitu ketika guru mengalami kesulitan yang harus dilakukan adalah melakukan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan pendekatan persuasif; 3) Pengelolaan mandiri berjalan dengan baik yaitu madrasah tersebut mampu mengembangkan tujuan pengajaran dengan menggunakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP); 4) Prinsip inisiatif manusia berjalan dengan baik namun masih perlu dikembangkan dari segi kewirausahaannya. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah pemberian teladan bagi warga madrasah, pelaksanaan tupoksi, menyusun perenca-naan madrasah, mengembangkan organisasi sesuai kebutuhan, jiwa kewirausahaan dalam pengadaaan sumber belajar peserta didik, dan strategi dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Kata Kunci: manajemen berbasis madrasah, kinerja kepala madrasah
Abstract
This study aims to determine the principles of school-based management (MBM) in improving the performance of madrasah principals at MTs Al Faaizun Watang Palakka. The research approach is qualitative using interview techniques, documentation, and observation. The data obtained were analyzed using qualitative descriptive analysis with three stages, namely the reduction stage, data display and the conclusion or verification stage. The results of the research show that the application of the principles of School Based Management in improving the performance of madrasah principals, namely the principle of equality is running well, by making a strategy according to the conditions of the madrasah both in the short, medium and long term, the principle of decentralization is also running well. , that is, when teachers experience difficulties, what must be done is to do various ways, one of which is by using a persuasive approach, self-management works well, namely the madrasah is able to develop teaching objectives using the Subject Teacher Conference (MGMP), the principle of human initiative works well but still needs to be developed in terms of entrepreneurship. Some of the implications are examples of noble morals for communities in madrasas, carrying out main tasks and functions, planning madrasahs, developing organizations according to needs, having entrepreneurial instincts in managing products or services as learning resources for students, and strategies for implementing academic supervision of teachers.
References
Abu-Duhou, Ibtisam School Based Management. Paris: Unesco/International Institute for Educational Planning, 1999.
Aisyah, Siti, et al. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Partisipasi Masarakat di MTs Al Faaizun Watang Palakka, Jurnal Equilibrium; Pendidikan Sosiologi, Vol. IX, No. 1 2021, DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.3805
Aisyah, Siti, Muljono Damopolii, dan Sitti Mania. "The Effect of Principals' Competencies on Accreditation in Madrasah Tsanawiyah throughout Tellu Siattinge District Bone Regency." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 23.2 (2020):244. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i4.
Ajefri, Feska. "Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah." Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7.2 (2017): 99-119”. DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i2.2265
Aziz, Ahmad Zaini. "Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah." El Tarbawi 8.1 (2015): 69-92. DOI: https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art5
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid IV. Jakarta: Lembaga Percetakan al-Qur’an Departemen Agama, 2009.
Fauzi, Anis dan Arnudin. (2017), “Leadership Role of Principal on Improving the Performance of Teacher at Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang”, Saudi Journal of Humanities and Social Science, vol. 2, no. 3
Hamid, "Manajemen Berbasis Sekolah." Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1.1 (2013): 87. DOI: DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86
Hasbullah. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Ihsan, Fuad. Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ismail, Feiby. "Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan." Jurnal Ilmiah Iqra' 2.2 (2018). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v2i2.541
Mahmud, Amir. (2019). “Principle of Madrasah Head Management in Realizing Effective Madrasah”, International Conference of Moslem Society, vol. 3.
Minarti, Sri. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Munir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Yang Efektif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Nasaruddin dan Muslimin. "Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada SD Inpres Bira 1 Kota Makassar." JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 2.2 (2018): 1-9
Prihatin, Eka. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Riyanto, Tobing dan Masniar, "Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Guru, terhadap Prestasi Siswa SD Negeri Sekecamatan Pulau Rimau." JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 4.2 (2019): 180-187. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2907
Rohiat. Manajemen Sekolah:Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Ruhiyat, Muhammad Yayat. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan di Madrasah." Jurnal Pendidikan UNIGA 11.1 (2017): 26-37. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v11i1.26
Sabil, Husni. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMPN 11 Kota Jambi." Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi 8.1 (2014): 221069.
Sakinah, et al., “The Strategi of Madrasah Headmaster in Improving The Quality of Islamic Education”. International Journal of Contemporary Islamic Education, vol. 1, no. 1. 2019.
Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Refika Aditama, 2011.
Sodiqin, Hasan dan Diding Nurdin, "Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Kinerja Mengajar Guru dalam Mutu Pendidikan." Jurnal Administrasi Pendidikan 23.2 (2016). DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5636
Sodiqin, Hasan dan Diding Nurdin. (2016) “Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Kinerja Mengajar Guru dalam Mutu Pendidikan”, Jurnal Administrasi Pendidikan.Vol. XXIII No. 2.
Solihah, Een. "Menimbang Kualitas Pendidikan Islam dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah." Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 5.2 (2019): 120-146. DOI: https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i2.171
Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Sukardjo dan Ukim Kumarudin. Landasan pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah: dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Aisyah, Nurlia, Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.