Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59Keywords:
curriculum and learning management, national education systemAbstract
Kurikulum dan pembelajaran memiliki posisi penting dalam sistem pendidikan nasional. Kuriklum sebagai program pendidikan (ideal curriulum) menekankan pada proses pembelajaran operasional. Sebagai alat yang penting dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, kurikulum dan pembelajaran hendaknya adaptif terhadap perubahan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran diperlukan manajemen efektif dan efisien, sehingga menjaga kedaulatan sistem pendidikan nasional dalam rangka menjaga nilai-nilai kebangsaan dan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional seperti yang telah dicita-citakan para pendiri bangsa. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa manajemen kurikulum dan pembelajaran menjadi komponen penting dalam sistem pendidikan nasional yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah studi pustaka yaitu menelaah buku, literatur dan catatan. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi dan penafsiran data. Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional merupakan suatu proses yang sangat komplek dan melibatkan berbagai komponen yang saling terkait dalam rangka mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Prosedur manajemen kurikulum terdiri dari perencaaan kurikulum dan pembelajaran, pengorganisasian manajemen kurikulum dan pembelajaran, pelaksanaan manajemen kurikulum dan pembelajaran, serta evaluasi manajemen kurikulum dan pembelajaran.
Kata Kunci: manajemen kurikulum dan pembelajaran, sistem pendidikan nasional
Abstract
Curriculum and learning process have an important role in the national education system. Curriculum seen an educational program (ideal curriculum), emphasizes the operational learning process. As it is considered to be an important instrument to achieve educational objectives, curriculum and learning should be adaptive towards the constantly changing times and advances in science and technology. Effective and efficient management is needed in implementing the curriculum and learning themselves to maintain the national education system’s autonomous nature and the national values, as well as achieving the national education objectives as sought by the founding fathers of the nation. This research is based on the idea that curriculum and learning management are important components to look at in the national education system that are interrelated in an integrated manner to achieve national education objectives. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. Literature study such as reviewing books, literature and notes was used to collect the data. Meanwhile, data analysis was carried out by categorizing and interpreting the collected data. Curriculum and learning management in the national education system is considered to be a very complex process which involves various interrelated components to direct all forms of educational activity to achieve national education objectives. The curriculum management procedures consist of planning, organizing, implementing, and evaluating the aspect of curriculum and learning themselves.
References
Arifin, Ulfatin. Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar, Strategi Pembelajran Model Belajar Mandiri Berbasis PAKEM, Makalah disampaikan dalam pendidikan dan pelatihan Manajemen Sekolah bagi kepala sekolah dasar se-Indonesia, Malang Juli-Agustus 2004
Arikunto, Suharsimi dan L Yuliana. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2010.
Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Ibrahim, Nasbi. Manajemen Kurikulum Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaroh. Vol 1 No 2 2017.
Kementerian Pendidikan Nasional. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kepenendidikan, 2011.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 159 Tahun 2014 tentang Evaluasi Kurikulum.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pusat Kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
Rusman, Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Syam, Aldo Redo. Posisi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Muaddib: Vol 7. 2017. http://www.researchgate.net/publication/318676341.
Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widyastono, Hery. “Implikasi RPJMN 2010-2014 Sektor Pendidikan terhadap Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah” 2012 terdapat dalam situs http://litbang.kemdikbud.go.id/jurnaldukbud/index.php/jpnk/article/view/93/90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mahrus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.