Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar di Jember Jawa Timur

Authors

  •   Fathorrozi Fathorrozi  Madrasah Tsanawiyah Nurul Qarnain Jember,  Indonesia
  •   Abd. Muhith  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.73
 

Keywords:

role of principal, markering management, marketing mix, elementary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tugas kepala sekolah sebagai manager dan leader pemasaran di sebuah Sekolah Dasar di Jember, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap dua hal. Pertama, tugas kepala sekolah sebagai manajer pemasaran di SD adalah dengan melakukan perencanaan yang meliputi identifikasi pasar dan target pasar. Pengorganisasian dengan pembagian tugas sesuai kesepakatan. Pelaksanaan yang meliputi pemasaran secara langsung, yaitu penyebaran brosur, pemasangan baliho, presentasi ke lembaga dan mengunjungi tokoh berpengaruh, dan pemasaran tidak langsung, yaitu khatmil Qur’an keliling, drumband, pemuatan foto kegiatan di kelas dan luar kelas, penyelenggaraan event lomba pada Peringatan Hari Besar Islam, program unggulan dan prestasi siswa. Pengawasan dengan evaluasi capaian, menunjukkan hasil yang dicapai sesuai keinginan. Kedua, tugas kepala sekolah sebagai leader pemasaran di SD adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran, 4P yaitu, produk: program tahfidz juz 30 dan pengamalan pendidikan agama; harga: gratis tanpa biaya; tempat: sejuk, asri, terhindar dari keramaian dan menawarkan keberkahan; promosi: pembagian zakat dengan melibatkan siswa, berkunjung ke tokoh berpengaruh, dan khatmil Qur’an secara keliling.

Kata Kunci: peran kepala sekolah, manajemen pemasaran, bauran pemasaran, sekolah dasar

Abstract

This study aims to describe the principal duties as the marketing manager and leader marketing in the private Islamic primary school in Jember, East Java. This research uses qualitative approach. The data collection technique used in this research is passive participant observation, semistructured interview and documentation. This research finds two things. First, the principal duties as the marketing manager in the primary school are doing the planning that includes market segmentation, market target and program determination; organizing by dividing the tasks according to the agreed schedule; implementing direct and indirect marketing; and monitoring with provide direction, motivation and awareness to teachers on duty. Second, the principal duties as marketing leader in the primary school are applying marketing mixed strategy, 4Ps. The Product: juz 30 tahfidz’s program and practicing religious education; The Price: it’s free; The Place: cool and fresh, beautiful, no crowd, and offers blessings; and The Promotion: distributing zakat with the students, visiting public figures, and doing door to door Al-Quran recitation.

References

Aaker A, David, Moorman, Christine, Strategic Market Management, Incorporated: John Wiley & Sons, 2018.

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta 2018.

Armstrong, Gary, and Philip Kotler, Principles of Marketing, Prentice Hall International: Pearson, 2019.

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid IV. Jakarta: Lembaga Percetakan al-Qur’an Departemen Agama, 2009.

Fradito, Aditia. “Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 10 (2020): 12. DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Hasanah, Afidatun. “Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden.” Jurnal eL-Tarbawi 8 (2015): 161. DOI: http://dx.doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Lisnawati, Aat. “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar Dharma Mulia Dusun Banaran Getasan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 17 (2020): 198-205. DOI: https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.4422

Lupiyoadi, Rambat, Pemasaran Jasa, Tangerang: Penerbit Universitas Terbuka, 2017.

Mukmin, Baba. “Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu.” Jurnal Isema: Islamic Education Manajemen 5 (2020): 97-112. DOI: http:// dx.doi.org/10.15575/isema.v5i1.6076

Mulyasa, E., Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Rahmat, Abdul, Manajemen Humas Sekolah, Yokyakarta: Media Akademik, 2016.

Ratnawati, dkk., Inovasi Pemasaran Produk Unggul Berbasis Ekonomi Digital, Jakarta: Balilatfo, 2019.

Saeful Rahmat, Pupu, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Scopindo, 2019.

Sipetu, Ayu Sri Menda Br, Pengembangan Kreativitas Siswa, Bogor: Guepedia, 2019.

Suharsaputra, Uhar, Kepemimpinan Inovasi Pendidikan, Bandung: Refika Aditama, 2016.

Sunaeningsih, Cucun, Pengelolaan Pendidikan, Sumedang: UPI Sumedang Press, 2017.

Terry, George R., Prinsip-Prinsip Manajemen, terj. J. Smith. D.F.M., Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa Edisi Terbaru, Yogyakarta: Andi Publisher, 2019.

Wijaya, David, Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Winardi, Aspek-aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Bandung: Mandar Maju, 2019.

Wirtz, Jochen, Lovelock, Christopher, Services Marketing: People, Technology, Strategy, Eight Edition, USA: World Scientific, 2016.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Fathorrozi, F., & Muhith, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar di Jember Jawa Timur. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 203–220. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.73

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.