Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik
DOI:
https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.15Keywords:
total quality Management, quality education, madrasahAbstract
Masa sekarang ini, pendidikan menjadi prioritas menanamkan nilai-nilai moral pada generasi di Indonesia, sehingga menjadi urgen menemukan cara bagaimana meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karenanya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan harus menciptakan sumber daya manusia yang mampu memecahkan masalah global dalam dunia pendidikan. Total Quality Management (TQM) adalah konsep manajemen sekolah dalam melaksanakan pendidikan serta diharapkan bisa memberikan perubahan yang lebih baik sesuai dengan pembangunan, tuntutan dan dinamika masyarakat. Madrasah Aliyah (MA) Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik telah menerapkan empat konsep dalam TQM untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan: pertama, mutu dalam proses penerimaan siswa di lembaga ini; kedua, kepuasan pelanggan yaitu memenuhi kebutuhan peserta didik; ketiga, perbaikan terus menerus dalam rekrutmen guru yang berkualitas dan mempunyai keahlian lainnya dan setiap akhir semester melakukan evaluasi terhadap hasil kinerja guru, peningkatan kualitas pembelajaran; dan keempat, melibatkan seluruh komponen yang ada di lembaga pendidikan.
Kata Kunci: total quality management, mutu pendidikan, madrasah
Nowadays, education is a priority to instill moral values ??in generations in Indonesia. So it becomes urgent to find ways to improve the quality of education. Therefore, in improving the quality of education, it must create human resources capable of solving global problems in the world of education. Total Quality Management (TQM) is the concept of school management in implementing education and is expected to provide a better change in accordance with the development, demands, and dynamics of the community. Madrasah Aliyah (MA) Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik has applied four concepts in TQM to improve the quality of education quality, first, the quality of the student admission process at this institution; second, customer satisfaction is to meet the needs of students; third, continuous improvement in the recruitment of qualified teachers and other experts and at the end of each semester evaluates the performance of teachers, improving the quality of learning; and fourth, it is involving all components in educational institutions.
References
Ali, Attabik, Kamus Inggris-Indonesia-Arab, Yogyakarta: Mukti Karya Grafika, 2003
Burnham, West, Managing Quality in School, London: Prentice-Hall, 1997.
Khadijah, Ifah, “Manajemen Mutu Terpadu (TQM) pada Lembaga Pendidikan Islam,” Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, Vol 5 No. 1 Tahun 2015.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam (KBK 2004), Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Munir, Miftakhul, “Keberadaan Total Quality Management dalam Lembaga Pendidikan (antara Prinsip Implementasi dan Pilar TQM dalam Pendidikan),” Realita, Vol. 16, No. 1 Tahun 2018.
Nawawi, Hadari, Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2003.
Partanto, Pius & Dahlan Albari, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 2001.
Salim, Peter, The Contemporary English Indonesian Dictionary, Jakarta: Modern English Press, 1987.
Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, Jogjakarta: Ircisod, 2012.
Sani, Ridwan Abdullah, Isda Pramuniati, Anise Mucktiany, Penjaminan Mutu Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Septiadi, Wahyu, “Tinjauan Total Quality Management (TQM) pada Lembaga Pendidikan Islam,” Nidhomul Haq, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol, 4 No. 1 Tahun 2019.
Sidi, Djati Indra, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Logos, 2003
Suryobroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rieneka Cipta, 2004.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Umiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, Jogjakarta: Ircisod, 2011.
Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Zazin, Nur, Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori & Aplikasi, Jakarta: ar-Ruzz Media, 2011.
Zuhairini, dkk., Metodologi Pendidikan Agama 1, Solo: Ramadhani, 1993.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.