Instigating Learning Management In Building Students' Ecological Awareness At Madrasah Ibtidaiyah Pamekasan Madura

Authors

  •   Moh. Asy’ari  Sekolah Tinggi Agama Islam Azzain Sampang,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v5i2.194
 

Keywords:

Learning Management, Ecological Awareness, Madura

Abstract

Management is a determining factor in building good quality education, learning Management as a process of face-to-face implementation between teachers and students and learning resources to provide stimulus to create knowledge, experience and self-actualization in real life as self-implementation. This research aims to describe the planning, organization, implementation and evaluation of learning management in building students' ecological awareness at Madrasah Ibtidaiyah along with finding out the factors that support and hinder the implementation of environmental learning management. The research method uses qualitative with a phenomenological type of research subject, the head of the madrasah, teachers and students, data obtained by interviews, observation and documentation. The research results are first, learning management in building students' ecological awareness is 1) integrated into several subjects such as science, social studies, PKN and religion which are adjusted to learning planning. 2) organizing environmental learning, the head of the madrasah instructs the teachers. 3) learning is carried out in the classroom and outside the classroom. 4) learning evaluation in building students' ecological awareness is direct observation and providing guidance for those who do not comply with the rules.

Manajemen merupakan faktor penentu dalam membangun mutu Pendidikan yang baik, Manajemen pembelajaran sebagai suatu proses pelaksanaan tatap muka antara guru dan anak didik serta sumber belajar yang memberikan stimulus agar supaya tercipta pengetahuan, pengalaman dan aktualisasi diri pada kehidupan nyata sebagai implementasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorgaisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pembelajaran dalam membangun kesadaran ekologis anak didik di Madrasah Ibtidaiyah beserta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan penghambat terhadap implementasi manajemen pembelajaran lingkungan hidup. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis fenomenoligi subjek penelitian kepala madrasah, para guru beserta anak didik data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian adalah 1) perencanaan manajemen pembelajaran dalam membangun kesadaran ekologis anak didik di integrasikan pada beberapa mata Pelajaran seperti IPA, IPS, PKN dan agama yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. 2) pengorganisasian pembelajaran lingkungan hidup kepala madrasah mengintruksikan kepada para guru. 3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam kelas dan luar kelas. 4) evaluasi pembelajaran dalam membangun kesadaran ekologis anak didik yaitu dengan pengamatan langsung dan pemberian pembinaan bagi yang tidak patuh pada aturan.

References

Alfian, Erwinsyah, “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.1 (2017), 69–84 <https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517>.

Alpusari, M. Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. No. 10. (2014). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v2i02.195 7

Al-Islaam, Mujaahid, Shibghatallaah, & Husnan, R. (2023). Implementation Of Public Relations Management In Building Public Trust At Luqman Al-Hakim Primary School In Jember. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(1),117-128. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.187

Amiruddin at. Al. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: K-Media, 2021.

Budi, Cahyo Manajemen Pembelaaajaran, Semarang: aUnnes Press, 2018.

Harun, M. Husein. Lingkungan Hidup, Masalah Pengelolaan dan Penegakan Hukumnya. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Hamalik, Omar. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. 2008

Hepni, H., Zaini, A. M., & Hidayati, T. R. Islamic Boarding School’s Curriculum Management Modernization. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 4(1) (2022).61-82. https://doi.org/10.35719/jieman.v4i1.97

Ismail, Strategi Pembelajaran Berbais PAIKEM .Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Istiadi, Yossa. Pendidikan Lingkungan Hidup Terlupakan Dalam Kurikulum,Pendidikan_Lingkungan_Hidup_Terlupakan_Dalam_Kurikulum.pdf, tt. Tth.

Khusnuridlo, Moh. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global. Yogyakarta: Pressindo: 2006.

Karim, Abdul. Manajemen Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Partisipasi. Pati: Kataba Group, 2018.

Lusty, Kurnia. Peran warga sekolah dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup studi kasus di SDN Dinoyo 2 Malang. thesis, Universitas Negeri Malang. 2013.

Maharani, Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar, Jurnal PANCAR, Vol. 6 No. 1 Tahun 2022, hal, 182, Universitas Buana Perjuangan Karawang. https://doi.org/10.52802/pancar.v6i1.333

Madjid, Abd. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standart Kompetensi Guru, (Bandung: Rosda Karya, 2006

Masiono. Islam dan Manajemen. Medan: Perdana Pubilising, 2019.

Mawi Khusni Albar, “Pendidikan Ekologi-Sosial Dalam Prespektif Islam: Jawaban Atas Krisis Kesadaran Ekologis,” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17.2 (2017), 432 <https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i2.1011>.

Mathias Gemnafle dan John Rafafy Batlolona, “Manajemen Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1.1 (2021), 28–42 <https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42>.

Mustari, Mohamad. Manajemen Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), 1.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Analisis data Kualitatif. (T.R. Rohidi, Ed.c) (Jakarta: UI. Press, 2009)

Mustari, Mohamad. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Pambudi, Bambang Setyo. Pengantar Manajemen. Surabaya: Universitas Trunojoyo, 2013.

Rahman, Fazlur, Cita-cita Islam .Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

R. Sihadi Darmo Wiharjo, Henita Rahmawati, Pendididkan Lingkungan Hidup, Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2021.

Saifulloh, Ahmad Munir and Mohammad Darwis, “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19,” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3.2 (2020), 285 <https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638>.

Sidiq, Ponorogo: PT. Nata Karya, Manajemen Madrasah, Why We Need the Journal of Interactive Advertising, 2004, X <http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444>.

Soleh, B., & Munawwaroh, U. (2023). Multiple Intelligence Learning-Based Education Management For Students With Special Needs. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.182

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), 18.

Umar, Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Pendidikan Islam Sebuah Paradigma Integratif, Jurnal An Nûr, Vol. V No. 1 Juni 2013, hal 76, ascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/25

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (dalam pdf), diundangkan di Jakarta pada Tanggal 3 Oktober 2009, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 nomor 140.

Wijoyo, Hadion. Sistem Informasi Manajemen, Sumatra Barat: CV Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Asy’ari, M. . (2023). Instigating Learning Management In Building Students’ Ecological Awareness At Madrasah Ibtidaiyah Pamekasan Madura. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(2), 151–167. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i2.194

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.