Strategi Pemasaran dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember

Authors

  •   Silfiyah Aisyatul Maziyah  SMA Islam Al-Hidayah Mangli Jember,  Indonesia
  •   Khotibul Umam  IAIN Jember,  Indonesia
  •   Hepni Hepni  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.19
 

Keywords:

Islamic elementary school, school marketing strategy, students’ recruitment

Abstract

Salah satu upaya untuk menjamin kelansungan lembaga pendidikan adalah strategi pemasaran yang tepat sasaran dalam jangka pendek, jangka menengah dan  jangka panjang. Kajian ini difokuskan untuk mengungkap: 1) Bagaimana konsep perencanaan pemasaran dalam rekutmen peserta didik baru di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pemasaran dalam rekutmen peserta didik baru di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana faktor pendukung dan kendala pemasaran dalam rekutmen peserta didik baru di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara terbuka dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data memakai uji kredibilitas yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah 1) Konsep perencanaan strategi pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru menggunakan bauran pemasaran 4-P; konsep product, price, promotion, place. 2) Pelaksanaan pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru menggunakan identifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning. 3) Faktor pendukung pemasaran yaitu menjalin kepercayaan kepada masyarakat dan kendala pemasaran terdapat pada minimnya akses media informasi lembaga.

Kata Kunci: madrasah ibtidaiyah, rekrutmen peserta didik, strategi pemasaran sekolah

One of the efforts to ensure the existence of educational institutions is a targeted marketing strategy in the short term, the medium term and the long term. The study is focused on uncovering: 1) how the concept of marketing planning in the new protege program at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember of lesson 2018/2019? 2) how is marketing performed in the new education program at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember lesson 2018/2019? 3) how are contributing factors and marketing constraints in the new advanced education program at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember of 2018/2019? The research approach employs a qualitative approach. Data collection uses observation, interview and documentation. Data analysis uses the Miles, Huberman and Saldana’s interactive model analysis techniques that are data collecting, data condensing, data presentation and deduction pullout. Data gathering techniques using participants' observations, open interviews and documentation. Verifying data results in a credibility test, which is source and method triangulation. Research results are 1) The concept of marketing strategy planning in new recruits using 4-p marketing mix: product, price, promotion, place. 2) Implementation of marketing in the new protege recruits using market identification, market segmentation and positioning. 3) The marketing factor of developing trust in people and marketing challenges is that the society's lack of access to media information.

References

Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati, Manajemen Coorporate dan Strategi Pemasaran Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta, 2008.

Al-Razi, Fakhr al-Din, Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib Jilid 10, Beirut: Dar al Kutub al-Ilmiah, t.th.

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir, Jami? Al- Bayan an Ta?wil Ayi Al-Qur?an. Penerjemah: Abdul Somad, Yusuf Hamdani, dkk., jilid 3, 12, 13, 21, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

Davies, Brent dan Linda Ellison, School Development Planning, Essex: Longman Group, 1992.

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Jakarta: Bumi Restu, 1976.

Heryati, Yeti dan Mumuh Muhsin, Manajemen Sumber Daya Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Hidayat, Ara dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan Pertama, Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Jefkins, Frank, Public Relations, Jakarta: Erlangga, 1995.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2015.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid I, Jakarta : Erlangga, 2008.

Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2007.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Maziyah, S. A., Umam, K., & Hepni, H. (2020). Strategi Pemasaran dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember . JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.19