This is an outdated version published on 2023-06-29. Read the most recent version.

Multiple Intelligence Learning-Based Education Management For Students With Special Needs

Authors

  •   Badrus sholeh  Institut Agama Islam Negeri Madura,  Indonesia
  •   Ulum Munawwaroh  Institut Agama Islam Negeri Madura,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.182
 

Keywords:

education management, multiple intelligence, students with special needs

Abstract

The leadership of the school principal in an effort to improve the quality of education is closely related to the strategy he carries out, so that the principal's strategy is a determinant of whether or not the quality of a school institution is good. The purpose of this study was to determine strategic planning, strategy implementation, and evaluation of school principal strategies in improving the quality of education at MTs Negeri 1 Kotawaringin Timur. The research method is qualitative with a case study approach, collecting data by observation, documentation, and interviews. The results of the research are: (1) Planning for school principals is guided by regulations and refers to the Vision and Mission and goals of the school, conducting an analysis before formulating the program. The strategy set is: a). Teacher Competency Improvement, b). Development and Maintenance of Facilities and Infrastructure, c). Budget Management Efficiency and Effectiveness, d). Discipline and Development of outstanding students, e). Activity Publication. (2) Implementation of the program that has been selected, namely through the process of analysis, communication and coordination with all fields. In implementation, the principal supervises directly the implementation of the program, with the aim of being able to directly address the obstacles found. (3) Evaluation and supervision is carried out directly by supervising the areas of each program. Through a quality assurance agency, the school principal can carry out an evaluation based on the report data for each program implementation.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen pendidikan berbasis multiple intelligence learning pada peserta didik berkebutuhan khusus serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  fenomenologi di SLB Asih Mulya Gurem Pamekasan melalui Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, manajemen pendidikan berbasis multiple intelligence learning pada peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Asih Mulya Gurem Pamekasan meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran ABK dilaksanakan sesuai dengan konsep pembelajaran di sekolah luar biasa, yaitu dengan menggunakan RPP dan silabus; 2) pengorganisasian pembelajaran dengan penetapan surat keputusan kepala sekola terkait pembagian tugas mengajar, wali kelas, tim teaching dan pendamping ABK; 3) pelaksanaan pembelajaran ABK dilaksanakan di ruang kelas dengan melaksanakan hal-hal yang telah direncanakan; 4) pengawasan pembelajaran ABK dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran setiap bulan. Kedua, faktor pendukungnya yakni penggunaan alat peraga oleh pendidik dalam proses pembelajaran agar anak dapat menegerti dan semangat. Ketiga, faktor penghambatnya yakni antara lain: orang tua yang tidak mau menyekolahkan anaknya yang memiliki kebutuhan khsus, pendidik yang kadang tidak memahami perbedaan karakter dari masing-masing peserta didik, dan peserta didik yang merasa jenuh saat pembelajaran.

References

Agustin, Ina. “Manajemen Pendidikan Inklusi Disekolah dasar Sumbersari 1 Kota Malang” education and Human development Journal 1, No. 1 (Sepetember 2016): 29. https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290

Amka. Manajemen Pendidikan Khusus. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.

Darroni, Gangsar Ali, Gina Solihat, dan Abdul Salim. “Manajemen Pendidikan Khusus di Sekolah Luar Biasa untuk Anak Autis” Jurnal Manajemen Pendidikan 5, No. 2 (Juli-Desember 2018): 197. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204

Hayati, Ipunk Rahmah. “Pengelolaan Proses Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Kelas Inklusi Di SD Kepuhan Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2, No. 3 (Mei 2016): 374. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.740

Irdamurni. Pendidikan Inklusif Solusi dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Prenadamedia group, 2019.

Itqan, Moh Syadidul dan Supriadi. “Strategi Pembelajaran Efektif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Mobile Learning” Jurnal Lensa Pendas 4, No. 2 (September 2019): 89-90.

Kresnawaty, Anita dan Rina Heliawati, “Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Anak Usia Dini” Jurnal Ilmiah Pendidikan 3, No. 1 : 16.

Mulyono. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: Uin-Maliki Press, 2012.

Soleh, Badrus dan Iswatul Hasanah, “Manajemen Pendidikan Pesantren Al Ulum wal Althof dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Santri”, re-JIEM: Research Journal of Islamic Education Management 4, No 1, https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i1.4733

Sukadari. Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publiser, 2019.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 4 Ayat 1 Tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 11 ayat 2 Tentang Hak dan Kewajiban Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 20 Tentang Ketentuan Umum Sistem Pendidikan Nasional.

Yunita, Evi Isna, Sri Suneki, dan Husni Wakhyudin. “Manajemen Pendidikan Inklusi Dalam Proses Pembelajaran Dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus” International Journal of Elementary Education 3, No. 3 (2019): 268. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407

Downloads

Published

2023-06-29

Versions

How to Cite

sholeh, B., & Munawwaroh, U. (2023). Multiple Intelligence Learning-Based Education Management For Students With Special Needs. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.35719/jieman.v5i1.182

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.