School Principal Innovation As A Strategy In Establishing Students' Religious Culture

Authors

  •   Badrus Soleh  Institut Agama Islam Negeri Madura,  Indonesia
  •   Nurul Azizah  Institut Agama Islam Negeri Madura,  Indonesia
  •   Abd. Halik  Institut Agama Islam Negeri Madura,  Indonesia
 

Keywords:

Innovation,, School’s Principal Strategy, Religious Culture

Abstract

This research aims to describe the principal’s innovation as a strategy in establihing the religious culture of students at Junior High School Larangan Pamekasan. This research used descriptive qualitative methods. Data was obtained through interviews, observation and documentation. The validity of the data was checked through through extended observations, persistence of observations, and triangulation. The results of this research are: First, the principal’s innovation as a strategy in establishing the religious culture of students at SMPN 1 Larangan Pamekasan is implemented through the development of character education innovation activities, such as Ya Habibi program which contains some activities like Yasin recitation, memorizing Al-Qur’an, and qiroah mentoring. Second, the implementation of the principal’s innovation as a strategy in establishing the religious culture of students at SMPN 1 Larangan Pamekasan was carried out at different times; yasing recitation was done daily, memorizing Al-Qur’an and qiroah mentoring were done weekly. Third, the evaluation within the principal’s innovation as a strategy in establishing the religious culture of SMPN 1 Larangan Pamekasan students was done through regular evaluation meetings as well as accountability reports from the person in charge of Ya Habibi program carried out once a month, as well as follow-up assessments by looking at the potential of student from Ya Habibi program by involving students in school events, as well as various kinds of competitions related to Ya Habibi activities.

Penelitian ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk mendeskripsikan inovasi kepala sekolah sebagai strategi dalam membangun budaya religius siswa SMPN 1 Larangan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, inovasi kepala sekolah sebagai strategi dalam membangun budaya religius siswa SMPN 1 Larangan Pamekasan dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan kegiatan inovasi pendidikan karakter, yaitu program Ya Habibi yang memuat tiga kegiatan didalamnya, yaitu pembacaan Yasin, hafalan Al-Qur’an dan bimbingan qiroah. Kedua, implementasi inovasi kepala sekolah sebagai strategi dalam membangun budaya religius siswa SMPN 1 Larangan Pamekasan melalui kegiatan Ya Habibi dilaksanakan dalam waktu yang berbeda, yaitu setiap hari untuk pembacaan yasin, dan satu minggu sekali untuk hafalan Al-Qur’an dan bimbingan qiroah. Ketiga, evaluasi inovasi kepala sekolah sebagai strategi dalam membangun budaya religius siswa SMPN 1 Larangan Pamekasan melalui kegiatan Ya Habibi, melalui rapat evaluasi rutin sekaligus laporan pertanggungjawaban dari penanggungjawab kegiatan Ya Habibi yang dilaksanakan setiap satu bulan satu kali, serta penilaian tindak lanjut dengan melihat potensi siswa anggota program Ya Habibi dengan turut mengikut sertakan siswa pada acara-acara sekolah, serta berbagai macam perlombaan yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan Ya Habibi.

References

Akhwani, dan Hamonangan Sigalingging, “Pengembangan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Yasinan di SMA 1 Kayen Kabupaten Pati “, Unnes Civic Education Journal 3, no, 1, (2014):https://journal.unnes.ac.id/aju/index.php/ucej/article/view/article/view/684

Arif, Wilda, “Strategi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Pembinaan Budaya Religius”, Journal of Islamic Education Management 5, No.5, (2020):https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Ariyanti, N. N., & Ummah, N. I. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Kemitraan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.35719/leaderia.v3i1.127

Azzamzami, Andri Zahid, Farid Zainuddin, Aldin Ahyana, dan Akamal Ahmad, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Siswa Kelas III MI Nurul Qur’an Presak Timur PagutanMataram”,https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/TARBIYATUNA/view/1493.

Bahruddin, Manajemen Peserta Didik (Jakarta: PT. Indeks, 2014).

Fathorrozi, F., & Muhith, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar di Jember Jawa Timur. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2),203-220. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.73

Hasan, Muhammad, “Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren”, Karsa: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman 23, No.2, (2015): 296, https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.728

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021).

Mutawakkil, Muhammad dan Siti Aminah, “Strategi Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Pengembangan Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahidin Maesan Bondowoso” IAIN Jember, Jember, 2021).

Nugraha, Sandi Wahid Rahmat, & Irwan Abdurrohman, “Makna Qiroah dan Tilawah dalam Perspektif Teori Anti Sinonimitas Muhammad Syahrur”, Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an danTafsir 5,no.1,(2020):https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Al-Bayan.

Proposal Kegiatan Ya Habibi SMPN 1 Larangan Pamekasan, Inovasi Pendidikan Ya Habibi (Yasin, Hafalan Al-Qur’an, & Bimbingan Qiroah) SMPN 1 Larangan Pamekasan (22 Oktober 2023).

Putra, Kristian Septian, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religius Culture) di Sekolah”, Jurnal Kependidikan3,No.2,(2015):https://ejurnal.uinsaizu.ac.index.php/jurnalkependidikan/article/download/897/736

Website SMPN 1 Larangan, https://smpn1larangan.art.blog/inovasi-sekolah, (4 Mei 2023).

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012), 40.

Sofyan, Iban, Manajemen Startegi (Jakarta: Graha Ilmu, 2015).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Al-Fabeta, 2010).

Usman, Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2002).

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Soleh, B. ., Azizah, N. ., & Halik, A. (2023). School Principal Innovation As A Strategy In Establishing Students’ Religious Culture. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 5(2), 188–200. Retrieved from https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/192

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.