Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah

Authors

  •   Ita Nurfadilah  IAIN Jember,  Indonesia
  •   Umi Farihah  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70
 

Keywords:

work motivation, work discipline, teacher performance

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi kinerja guru salah satunya motivasi kerja dan disipln kerja. Motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap kinerja. Motivasi kerja juga menjadi kebutuhan yang digunakan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam meningkatkan kinerja guru tentunya tidak lepas dari dorongan diri sendiri ataupun dari luar, salah satunya yaitu kepala sekolah sebagai dorongan dari luar. Dan disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting dari motivasi kerja. Sehingga disiplin sangat penting bagi pertumbuhan suatu lembaga dan organisasi untuk mendorong para anggotanya memenuhi tuntutan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal serta metode penelitian survey yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Simple random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sample dengan jumlah sampel sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Version 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.

Kata Kunci: Motivasi kerja, Disiplin Kerja, Kinerja guru

The purpose of this study was to determine the effect of work motivation and work discipline on teacher performance at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. This research is motivated by the existence of factors that affect teacher performance, one of which is work motivation and work discipline. Work motivation is one of the factors that affect performance. Work motivation is also a need that someone uses to do a job. In improving teacher performance, of course, it cannot be separated from self or external encouragement, one of which is the principal as encouragement from outside. And work discipline is one factor that is no less important than work motivation. So that discipline is very important for the growth of an institution and organization to encourage its members to meet the demands of various provisions that have been set. This study uses a quantitative approach with causal associative research and survey research methods conducted at Islamic Junior Hight School two Bondowoso. Simple random sampling was used as a sampling technique with a sample size of 30 teachers. Data collection techniques using questionnaires and documen-tation. Data analysis used multiple linear regression analysis with the help of SPSS Version 22 for Windows. The results of this study indicate that there is an influence of work motivation and work discipline on teacher performance at Islamic Junior Hight School two Bondowoso.

References

Arisandy, Desy. Hubungan antara Persepsi Karyawan terhadap Disiplin Karyawan Bagian Produksi Kramik “Ken Lila Production”. Jurnal psyche 1 No 2. (2004).

Eliyanto, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Pendidikan Madrasah 3, no.1. (2018).

Farihah, Umi. “Analisis Pengaruh Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Kerja Guru.” Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan (2010).

Husnan dan Heidjrachman. Manajemen Personalia, Yogyakarta: BPFE, 2002.

Indriani & Sutanto. “Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 17, no. 2, (2015).

Kaliri, “Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kabupaten Pemalang.” Tesis. Universitas Negeri Semarang (2008)

Madjid, Abdul. Pengembangan Kinerja Guru, Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.

Mangkunegara, Anwar Prabu, Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Ningsih, Mustika Sulistio. “Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MA Al-Hikmah Wayhalim Kedaton Bandar Lampung.” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung (2017).

Rasto dan Utari. “Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru". Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 4, no. 2 (Juli 2019).

Rizal, Anis Syamsu. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMP”. Jurnal Ulul Albab 23, No. 1 (2019).

Rodliyah, Siti. Manajemen Pendidikan Sebuah Konsep dan Aplikasi, Jember: IAIN Jember Press. 2015.

Sinambela, Lijat Poltak. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Grub, 2019.

Tsauri, Sofyan. Mananjemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press. 2013.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Kerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Usmani, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105–128. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.