Penguatan Manajemen dan Kepemimpinan Pesantren dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Alternatif Ideal

Authors

  •   Abdul Muis  IAIN Jember,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.32
 

Keywords:

pesantren’s management, pesantren’s leadership, alternative educational institutions

Abstract

Pesantren sebagai sebuah kultur ataupun sub kultur dalam penjalanannya mengalami perkembangan yang cukup signifikan, baik dalam sistem pengajaran maupun manjememen kelembagaan. Pada sistem pengajaran, pesantren mengalami perubahan selain karena menerapkan model salaf seperti sorogan dan wetonan tetapi juga karena mengadopsi model madrasi. Dengan menggunakan metodologi kepustakaan, tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui penguatan manajemen pesantren dalam mewujudkan lembaga pendidikan alternatif ideal. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa pesantren menerapkan pengelo-laannya dengan pendekatan manajemen modern, karena pada awal-awal berdirinya pesantren, hampir seluruh pesantren di Indonesia menerapkan pola kepemimpinan karismatik yang terpusat pada sosok pengasuh (kiai), namun saat ini model kepemimpinan yang diterapkan mengalami perubahan karena pesantren menerapkan model kepemimpinan kolektif. Oleh kerena itu, banyak yayasan di dalam pesantren yang menerapkan kepemimpinan kolektif.

Kata Kunci: manajemen pesantren, kepemimpinan pesantren, lembaga pendidikan alternative

Pesantren as a culture or sub-culture, within its enactment, has developed quite significantly, both in the teaching system and institutional management. In the teaching system, pesantren have undergone changes not only for applying the salaf based learning model such as sorogan and wetonan but also for adopting the madrasi’s model. As it used Literature review based methodology, this study aims to strengthen the pesantren’s management in realizing an ideal alternative educational institutions. The results of this study indicate that pesantren or Islamic boarding schools utilizes modern based management approach, because in the early development of pesantren, it implemented a charismatic leadership pattern centered on the role-modeling figure of a caregiver (kiai). However, the leadership model itself has changed into a collective leadership model. Due to this reason, some educational foundations of pesantren apply such collective leadership.

References

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Bandung: Mizan, 1995.

Bull, Ronald Alan Lukens, A Peaceful Jihad: Javanes Education and Religion Identity Construction, Michigan: Arizona State University, 1977.

Daft, Richard L. New Era of Management, 9th Ed. Alih Bahasa Tita Maria Kanita, Yogyakarta: Salemba, 2010.

Dhofier, Zamaksyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, Jakarta: LP3ES, 1982.

Fatoni, Sulthan, Peradaban Islam: Desain Awal Peradaban, Konsolidasi Teologi, Konstruk Pemikiran dan Pencarian Madrasah, Jakarta: elSAS, 2006.

Haedari, Amin dan Ishom El-Saha, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta: Departemen Agama, 2008.

Kontowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi, Jakarta: Mizan, 1991.

Madjid, Nurcholish, Bilik Bilik Pesantren, Jakarta: Paramadida, 1997.

Manullang, M., Manajemen Personalia, Edisi revisi, Jakarta:Ghalia Indonesia, 1981.

Masyhud, Sulthon, dkk. Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.

MU YAPPI, Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren, Jakarta: Media Nusantara, 2008.

Mulyo, Hadi, Pesantren dan Perubahan Sosial. Jakarta: Pustaka Hidayah, 1985.

Soebahar, Abd. Halim, Pesantren Gender. Laporan Penelitian DIPA STAIN Jember, 2002.

Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1994.

Suminto, Aqib, Politik Islam Hindia Belanda, Jakarta: LP3ES, 1985.

Terry, George R. Principles of Management, Alih Bahasa GA Ticoalu, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 1992.

Wahid, Abdurrahaman, “Asal Usul Tradisi Keilmuan Pesantren Jurnal Pesantren Oktober, 1984.

Wahid, Abdurrahman, Islam Kosmopolitan: Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Jakarta: The Wahid Institute Seeding Plural and Peaceful Islam, 2007.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Muis, A. (2020). Penguatan Manajemen dan Kepemimpinan Pesantren dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Alternatif Ideal. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 137–152. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.32

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.