Manajemen Layanan Khusus Unit Koperasi Berbasis E-Money pada Pondok Pesantren Modern di Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.72Keywords:
distinctive service management, koperasi, e-moneyAbstract
Manajemen layanan khusus unit koperasi berbasis e-money dibentuk untuk mempermudah dan memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan peserta didik pada unit koperasi berbasis e-money. E-money sendiri bertujuan untuk memberikan manfaat dan kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan pencatatan transaksi. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi layanan khusus unit koperasi pada pondok pesantren modern di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi yang pasif, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perencanaan unit koperasi berbasis e-money terdiri atas perencanaan jangka panjang seperti penerapan e-money dan menyempurnakan pembukuan keuangan dan perencanaan jangka pendek seperti penyelenggaraan rapat, meningkatkan usaha toko; 2) Pengorganisasian unit koperasi berbasis e-money terdiri dari rapat anggota tahunan, pengurus, pengawas, dan anggota; 3) Pelaksanaan unit koperasi berbasis e-money berwujud beberapa usaha yaitu usaha toko makanan dan seragam, laundry, dan wartel; 4) Pengawasan unit koperasi berbasis e-money dilakukan setiap hari dengan terjun langsung dan evaluasi yaitu laporan keuangan koperasi dalam bentuk print out.
Kata Kunci: manajemen layanan khusus, koperasi, e-money
Abstract
A distinctive service management for e-money-based koperasi (economic enterprise) units was established to facilitate and assist the learning process, and to meet the needs of students in e-money-based koperasi units. E-money itself aims to provide benefits and convenience in financial management and transaction recording. The purpose of this paper is to describe the planning, organization, implementation, and monitoring- evaluation of distinctive services for koperasi units in modern Islamic boarding schools in East Java. This research deployed qualitative research with a case study approach. Data collection techniques used was passive participatory observation, semi-structured interviews, and documentation. The results of this study suggests that; 1) Planning of an e-money-based koperasi unit consists of long-term planning such as implementing e-money and improving financial accounting and short-term planning such as carrying out meetings, increasing store's establishment; 2) Organizing e-money-based koperasi units consisting of annual member meetings, management, supervisors, and members; 3) Implementation of e-money-based koperasi units is carried out in the form of several businesses, such as food and uniform outlets, laundry, and wartel businesses; 4) Supervision of e-money-based koperasi units is carried out in daily basis by direct involvement and evaluation through the hard copy of koperasi financial reports.
References
Amalia, Arini. “Manajemen Layanan Khusus Pondok Pesantren.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 2, no. 2 (10 Maret 2018): 83–88. https://doi.org/10.17977/um025v2i22018p083.
Amrullah, Amrullah. “Analisis Manajemen Pengelolaan Koperasi Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Pesantren Ummul Ayman Samalanga.” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 1, no. 2 (1 Oktober 2019): 257–77. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i2.36.
Antarajaya, I Nyoman Suraja. “Sistem Informasi Penjualan Pada Koperasi Sekolah Menengah Atas Berbasis WEB.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 6, no. No. 1 (2019): 87–99.
Baharin, Hasan dan Ardillah, Rizaqil. “Virtual Account Santri: Ikhtiyar Pesantren dalam Memberikan Layanan Prima Berorientasi Customer Satisfaction.” Jurnal Ekonomi Islam Vol.10, no. 1 (2019): 15–16.
Daryanto dan Farid, Mohammad. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Dewanti, Astri. “Studi Komparasi Manajemen Koperasi Pada Pesantren Al-Munawwir Krapyak dengan Pesantren Muhammadiyah Boarding School di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Manajemen Koperasi, Vol. 1, no. 6 (2017): 23–24.
Fathurrahman, et.al., Bunga Rampai: Fungsi Manajemen dalam Perspektif Quran dan Hadits. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Hayati, Rosana. “Implementasi Layanan Khusus Unit Koperasi di TA/TK Al-Azhar Syifa Budi Solo Tahun 2018/2019.” Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.
Hidayati, Eni. “Dampak Penerapan E-Money Bagi Proses Administrasi Keuangan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta." Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.
Imamul Arifin dan Giana Hadi Wagiana. Membuka Cakrawala Ekonomi untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial Bandung: PT Setia Purna Inves, 2007.
Jaleha. “Implementasi Manajemen Layanan Khusus di MAN 2 Banjarmasin.” Skripsi: UIN Antasari Banjarmasin, 2017.
Jelantik, A. A. Ketut. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional: Panduan Menuju PKKS,. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional,. Jakarta: Kencana, 2017.
Majid, Surahman, Nurkholish, Susilo. “Pelatihan Sistem Administrasi Keuangan Sekolah dengan Software SAK di Jaringan Sekolah Muhammadiyah Se-Kabupaten Boyolali.” Jurnal Abdidas, Vol. 1, no. No. 5 (2020): 379–84.
Pramana, Cipta, dkk. Dasar Ilmu Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Pratama, Rheza. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Sarinah dan Mardalena. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Sarwat, Ahmad. Halal Haram E-Money dalam Timbangan Hukum Syariah Kontemporer. Jakarta: Lentera Islam, t.th.
Tryanda, Ade. “Peran Koperasi Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Ekonomi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungangung.” Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.
Zulkarnain, Wildan. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Linatul Fatimah, Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.